Anggaran pembangunan desa yang terus meningkat

Lainnya 2

Pembangunan desa sebagai faktor penunjang kesejahteraan rakyat

Assalamualaikum bertemu kembali bersama admin dari website angudil.com. kali ini kami akan berbagi sebuah tulisan yang semoga bermanfaat bagi pembacanya. Desa membangun itulah yang sering kita dengar untuk saat ini, dimana-mana ada slogan desa membangun mulai dari spanduk, baliho yang kebanyakan di pasang dipinggir-pinggir jalan raya tulisananya tertera desa membangun atau mbangun desa. Nah lalu apakah anda sudah tahu tujuan atau moto tersebut?

Untuk saat ini semua desa harus membangun desanya masing-masing mulai dari potensi desa yang harus di eksplore kemudian Sumber Daya Manusia desa yang harus diberdayakan dengan maksimal semua itu akan termasauk dalam kategori pembangunan desa. Pembangunan desa bukan berarti pembangunan sebuah gedung pemerintahan desa namun pembangunan desa secara luas atau menyeluruh seperti pembangunan fasilitas umum yaitu sarana pendidikan (sekolah), sarana ibadah, gedung olah raga, kesejahteraan keluarga petani dan masih banyak yang lainnya. Untuk pembangunan desa saat ini banyak disokong oleh pemerintah yang terus menggolontorkan anggaran yang nilainya tidak kecil, anggaran tersebut hingga ratusan juta bahkan lebih. Wow.. sangat besar bukan ? maka untuk pemerintahan desa saat ini akan dituntut kerja lebih extra lagi, karena pertanggung jawaban penggunaan dana lah yang harus tersalurkan dengan baik.

Pembangunan desa disokong dana atau anggaran yang dikucurkan oleh pemerintah melalui :
  1. Dana Desa (DD)

Dana desa adalah anggaran atau dana yang dikucurkan oleh pemerintah untuk pembangunan desa, dana ini lebih terfokus pada pembangunan yaitu seperti pembangunan  jalan desa, jalan dusun, dan pembangunan yang lainnya. Dana desa biasanya akan keluar secara bertahap seperti tahap pertama akan keluar dana dengan nilai berapa, kemudian tahap kedua akan keluar secara total. Seperti itulah dana desa yang diterima oleh desa. Tapi setiap desa mungkin ada perbedaan sistemnnya.

  1. Alokasi Dana Desa (ADD)

Kemudian yang selanjutnya yaitu adalah Alokasi Dana Desa atau yang sering dikenal (ADD) anggaran ini juga masih digelontorkan dari pemerintah. Nah anggaran ini masih sama dengan dana desa yaitu untuk pembangunan desa, namun anggaran ADD yaitu mencakup kebutuhan pemerintahan desa seperti untuk belanja ATK alat tulis kantor di pemerintahan desa, SILTAP atau penghasilan tetap (gaji aparatur desa), hingga memfasilitasi karang taruna dan yang lainnya. Jadi anggaran ini lebih condong dalam pembangunan desa ke sisi penggajian aparatur desa, kader-kader PKK, Anggota LINMAS, Karang taruna, POSYANDU dan yang lainnya.

  1. Bantu keungan (BANKEU)

Yang ketiga ada bantuan keuangan atau BANKEU. Anggaran ini biasanya lebih condong ke bentuk bantuan pembangunan desa dengan jenis pembangunan fisik, seperti pembangunan jalan, dan yang lainnya.

Dan itulah artikel yang telah kami sampaikan tentang anggaran untuk pembangunan desa yang terus meningkat. Setiap desa atau pemerintahan setempat pasti menggunakan sitem yang berbeda, karena kebijakan kepala desa, pemerintahan setempat yang akan terjadinya perbedaan sistem pemerintahan di beda-beda daerah.

Sekian artikel angudil.com kali in Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

2 Responses

  1. author

    HooqMaret 2, 2017 at 11:57 pmReply

    Ternyata selain jumlahnya banyak, jenis bantuannya pun cukup banyak sampai ada 3 point gitu kang. Semoga desa-desa maju pembangunannya, dan bahagia warganya. he

    • author Author

      angudilMaret 4, 2017 at 3:06 pmReply

      hihi amin… mih baragja

Tinggalkan Balasan