Pelajari bagian ini sebelum kamu jepret kameramu

Kamera 0

Jenis-Jenis White Balance dan Penggunaannya pada Fotografi dengan DSLR

Baru terjun ke dunia fotografi? Jika ya mungkin anda akan dibuat sedikit pusing dengan fungsi-fungsi yang dimilikinya. Salah satunya adalah fungsi white balance. Bagi anda yang masih binung berikut ini adalah ulasannya. Jenis-Jenis White Balance dan Penggunaannya pada Fotografi

Apa itu white balance pada fotografi?

White balance merupakan salah satu untur penting dalam unia fotografi. Hal ini disebabkan karena white balance merupakan sebuah komponen yang akan menentukan keseimbangan dan temperatur warna yang ditangkap oleh kamera. Hal ini disebabkan karena setiap saat ada hal-hal yang menyebabkan tempaan cahaya pada objek yang akan difoto berbeda sehingga menyebabkan hasil gambar yang berbeda juga. Dengan mengatur whit balance ini anda bisa mendapatkan gambar sesuai dengan yang anda inginkan dalam hal komposisi warnanya.

Jenis-jenis white balance

Untuk kamera DSLR sendiri ada banyak jenis-jenis pengaturan temperatur atau white balance yang bisa digunakan. Diantaranya adalah :

·                     Auto

Jenis pengaturan ini merupakan jenis pengaturan yang diperlukan atau banyak digunakan untuk mencari  keseimbangan warna yang paling pas. Jenis mode white balance ini hanya digunakan untuk anda yang ingin menangkap gambar dengan warna-wrna seimbang. Jika anda ingin menangkap gambar dengan efek khusus, mungkin jenis-jenis white balance yang lain seperti dibawah ini akan cocok untuk kebutuhan anda.

·                     Tungsten

Merupakan jenis white balance yang banyak digunakan pada pemotretan dalam ruangan. Terutama jika anda menggunakan sumber cahaya dari lampu pijar, menggunakan mode white balance ini akan sangat membant.

·                     Flourecent

Bagi anda yang melakukan pemotretan dalam ruangan dan menggunakan cahaya dari ampu neon sebagai penerangan objek, maka mode ini merupakan mode paling tepat untuk anda.

·                     Flash

Pernah mengambil gambar dengan flash yang ada di kamera DSLR anda? Bagaimana reaksi anda setelahnya? Mungkin anda akan merasa kurang puas karena hasil jeprtan tersebut memiliki tidak seimbang karena terlalu banyak cahayanya. Jika hal ini terjadi maka mode flash akan sangat cocok untuk menyeimbangkan warna pada hasil jepretan menggunakan flash ini.

Selain mode ini ada juga mode daylight, cloudy dan juga shade. Sesuai namanya masing-masing mode digunakan untuk pengambilan gambar di ruang terbuka, daylight untuk cuaca cerah, cloudy untuk cuaca mendung dan shade untuk matahari tidak terlau terang.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Tinggalkan Balasan