Inilah trik kamera untuk memotret objek bergerak

Kamera 0

Mengambil Gambar Objek Bergerak dengan Menggunakan Shutter Speed

Teknik untuk mengambil gambar dengan kamera DSLR memang berbeda-beda. Salah satu teknik yang banyak digunakan untuk menghasilkan gambar yag fantastis adalah komponen shutter speed. Apa itu dan bagaimana penggunaannya? Mengambil Objek Bergerak dengan Menggunakan Shutter Speed

Mengenai shutter speed

Komponen pengambilan gambar pada kamera DSLR yang satu ini memiliki arti sesuai dengan fungsinya. Shutter speed merupakan sebuah komponen yang akan menentukan kecepatan pengambilan gambar. Dari definisi ini anda pastinya sudah bisa menangkap bagaimana manfaatnya bukan? Ya, shutter speed adalah sebuah cara untuk menentukan kecepatan penutupan lensa sehingga gambar yang dihasilkan dapat sesuai dengan keinginan meski berada pada sebuah lingkungan yang sama.

Komponen pengambilan gambar ini merupakan komponen yang sangat populer digunakan untuk mengambil gambar yang bergerak. Oleh karena itu bagi anda yang gemar mencari gambar dengan menggunakan objek di alam bebas, anda perlu mempelajari cara penggunaan komponen yang satu ini.

Mengenal cara penggunaan shutter speed

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, shutter speed merupakan sebuah komponen yang akan menentukan kecepatan penutupan lensa pada saat pengambilan gambar. Hal ini akan menentukan hasil akhir dari gambar yang ingin anda jepret. Misalnya anda ingin menjepret kucing yang berlari. Anda perlu melakukan pengaturan shutter speed untuk mendapatkan gambar yang anda inginkan. Jika ada ingin mendapatkan hasil akhir gambar kucing yang berlari dan seperti membeku dalam gerakannya. Anda seharusnya menggunakan pengaturan shutter speed yang rendah. Nilai shutter speed di simbilkan dengan rentang nilai yang sangat panjang. Bisa 300, 1/30 atau bahkan 1/500. Nilai ini menjelaskan mengenai kecepatannya. 1/500 artinya lensa akan menutup dalam waktu 1/500 detik sangat cecpat bukan? Makin cepat objek bergerak, makin cepat seharusnya shutter speed di buat untuk menghaislkan efek beku. Tapi jika shutter speed dibuat makin besar maka gambarnya sudah pasti makin blur.

Meski pengaturan shutter speed ini penting, tapi selain itu masih ada faktor lain yang harus diperhatikan untuk menghasilkan gamabr yang berkualtias, misalnya dengan pencahayaan? Ya pencahayaan adalah salah satu hal penting lain yang perlu diperhatikan ketika akan menggunakan kamera DSLR.

terima kasih telah membaca artikel Mengambil Objek Bergerak dengan Menggunakan Shutter Speed.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Tinggalkan Balasan