Pentingnya Pemberdayaan masyarakat dari sekarang

Pemerintahan 0

Perbedaan masyarakat desa yang diberdayakan dan yang tidak diberdayakan pada program pemberdayaan masyarakat.

Bertemu lagi dengan tulisan dari admin kami angudil.com yang selalu diiringi rasa bahagia dan ceria karena niat dari kami untuk berbagi. Dan kami harapkan pembahasan artikel kali ini masih menjadi referensi bagi anda dalam menyusun tugas ataupun pekerjaan anda. Nah kali ini angudil.com akan membahas materi yang berjudul Perbedaan masyarakat desa yang diberdayakan dan tidak diberdayakan pada pemberdayaan masyarakat .

Nah pemberdayaan masyarakat sangatlah penting apalagi sekarang menjadi tuntutan bagi pemerintahan desa dengan secara langsung membentuk atau mendidik masyarakat untuk menjadi masyarakat yang berdaya dan berkualitas. Seperti lewat pembentukan karang taruna, LPMDes (Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa) dan organisasi lainnya yang condong ke ruang pemberdayaan.

Jika diartikan apa itu pemberdayaan masyarakat ? pemberdayaan masyarakat adalah  suatu  proses meningkatkan kapasitas individu-individu (orang yang berbeda-beda) maupun suatu kelompok untuk membuat pilihan-pilihan dan mentransformasikannya ke dalam tindakan dan hasil yang diinginkan dengan memanfaatkan potensi yang dimilikinya. Jadi intinya menggali potensi atau bakat yang dimiliki oleh individu tersebut hingga output yang bermanfaat bagi dirinya ataupun bagi masyarakat luas.

Kita lihat perbedaan dibawah ini antara masyarakat yang diberdayakan dan masyarakat yang tidak diberdayakan

Masyarakat yang tidak diberdayakan

  • Masyarakat yang tidak berdaya tidak memiliki aturan yang disepakati dan tidak terorganisir.
  • Menggambarkan berbagai karakter masyarakat yang mempunyai potensi SDM
  • Pemberdayaan diukur dengan proses transparansi

Masyarakat yang diberdayakan

  • Masyarakat teratur dan terorganisir
  • Ada pemandu
  • Ada diskusi
  • Ada komunikasi 2 arah

Bisa dilihat diatas perbedaan antara masyarakat yang diberdayakan dan yang tidak diberdayakan terlihat perbedaan yang sangat signifikan. Dari masyarakat yang mengikuti proses pemberdayaan akan lebih terorganisir dan akan di tuntun langsung secara jelas oleh pemandu dengan cara diskusi yang meliputi musyawarah maupun komunikasi antar individu secara 2 arah. Dan jika masyarakat yang tidak diberdayakan maka akan berdampak masyarakat akan bersifat bebas dari aturan tidak terorganisir atau bebas tak terikat.

Nah itulah penjelasan secara singkat dari angudil.com tentang  Perbedaan masyarakat desa yang diberdayakan dan tidak diberdayakan. Dengan demikian maka pemberdayaan masyarakat disuatu tempat perdesaan ataupun perkotaan sangat wajib dilakukan.

Sekian artikel dari angudil.com kali ini semoga bermanfaat dan salam sukses.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Tinggalkan Balasan