Inilah fungsi dari Segitiga Eksposure pada Kamera DSLR

Kamera 0

Pengetahuan Mengenai Segitiga Eksposure pada Kamera DSLR

Segitiga exposure merupakan salah satu hal yang perlu anda ketahui ketika anda menggunakan kamera DSLR. Segitiga ini akan menentukan efek yang anda inginkan dan juga kualitas gambar anda. Segitiga ini di pengaruhi oleh ISO, shutter speed dan juga aperture. Penasaran dengan pengaturannya berikut ulasannya. 

Shutter speed

Merupakan komponen yang akan mengatur kecepatan pengambilan gambar. Makin kecil maka makin cepat dan menghasilkan gambar yang makin tajam. Sebaliknya, nilai shutter speed besar akan menyebabkan gambar blur.

ISO

Merupakan pengaturan sensitivitas terhadap cahaya. Makin besar ISO makin terang dan sebaliknya. Makin besar nilainya makin banyak noise. Makin kecil makin blur. Diperlukan pengaturan yang tepat bagi anda yang ingin mencari ISO yang sesuai untuk menghasilkan gambar yang paling berkualitas.

Aperture

Merupakan pengaturan untuk menangkap cahaya di kamera anda. Makin tinggi nilainya maka makin besar cahaya yang akan masuk ke kamera anda sehingga akan menentukan sebanyak apa bagian putih pada gambar anda.

Segitiga eksposure

Dari ketiga komponen diatas, pengaturan yang tepat satu sama lainnya akan mebantu anda untuk menghasilkan gambar yang tepat sesuai dengan keinginan anda. Ketidak seimbangan dari ketiganya akan membuat gambar anda menjadi kurang menarik. Misalnya anda ingin mengambil gambar air terjun. Air terjun hanya akan anda dapatkan di luar ruangan. Otomatis di luar ruangan ada cahaya besar dari sumber cahaya matahari. Jika demikian pengaturan aperture harus disesuaikan supaya cahaya tidak masuk terlalu besar tapi tidak terlalu kecil jika anda ingin mendapatkan gambar yang tajam. Selain itu anda juga perlu melakukan pengaturan shutter speed untuk mendapatkan gambar yang tajam tersebut dengan setting yang besar. Lantas bagaimana dengan ISO? Tugas ISO adalah memberikan warna yang tepat untuk gambar anda. Jadi anda bisa melakukan pengaturan seperti ini jika ingin gambar yang tegas dan tajam. Tapi jika anda ingin menciptakan efek blur maka pengaturan harus diubah menjadi lebih rendah. Mulai dari shutter speed, aperture hingga isonya.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Tinggalkan Balasan