Sudahkah kamu atur ISO Kamera DSLR mu?

Kamera 0

Pentingnya Pengaturan ISO ketika Mengambil Gambar

Dalam kamera ada ISO yang digunakan untuk sensitivitas kamera terhadap cahaya. Hal ini akan mempengarhui hasil akhir gambar yang diambil. Lalu apa pengaruhnya dan bagaimana mengaturnya? Berikut ulasannya. dalam Pentingnya Pengaturan ISO ketika Mengambil Gambar

Apa itu ISO dan mengapa ISO penting?

Seperti disebutkn sebelumnya, ISO merupakan sebuah komponen dalam kamera DSRL yang akan menentukan sebanyak apa cahaya yang akan digunakan untuk mengambil gambar. Pengaturan sensitivitas ini merupakan salah satu komponen yang penting karena akan mempengaruhi hasil gambar pada kamera anda. Makin rendah nilai ISO maka makin jernih gambar yang dihasilkannya. Tentunya disesuaikan dengan lingkungan dari objek gambar yang akan diambil. Hal ini merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan.

Nilai ISO yang besar akan mengurangi kejelasan warna. Bahkan jika nilainya terlampau besar maka akan sulit untuk mendapatkan gambar yang jernih dengan warna sebenarnya. Hasil pengambilan gambar dari setting kamera dengan ISO besar adalah bernoda seperti titik-titik putih yang sering disebut dengan noise. Jadi selain warna asli dari  objek tidak keluar, terlalu besar nilai ISO juga akan menyebabkan munculnya noise seperti TV yang kekurangan sinyal.

Jika nilai ISO yang terlalu tinggi akan menyebabkan warna tidak keluar dan muncul noise, maka nilai iso yang terlalu rendah juga akan menyebabkan kualitas gambar menjadi tidak maksimal. Nilai ISO yang terlalu rendah akan menyebabkan gambar menjadi terlalu gelap sehingga tidak jelas. Seain itu nilai iso yang terlalu rendah juga dapat menyebabkan kamera tidak bisa mengambil gambar sehingga hanya dapat berkedip saja karena kurangnya cahaya yang di perlukan untuk pengambilan gambar.

Berdasarkan penjelasan diatas, melakukan pengaturan ISO memang sangat penting untuk dilakukan. Hal ini disebabkan karena pengaturan ISO masuk dalam segitiga eksposur yang menentukan kualitas gambar akhir bersama dengan shutter speed dan juga aperture. Untuk menghasilkan gambar yang berkualitas maka pastikan anda mengatur ISO sesuai dengan penerangan yang dimiliki oleh objek dan juga melakukan pengaturan pada komponen lain yaitu shutter speed dan juga aperturenya.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Tinggalkan Balasan